Hikmah Pagi Ini

on Minggu, 31 Januari 2010

Dalam menjalankan kehidupan seharian kita, sering kali kita terlupa, bahwa ternyata disekitar kita, di setiap langkah kaki, setiap tempat yang terlewati, mengandung hikmah yang tiada nilai harganya. Banyak kita yang masih terjebak untuk melihat hal-hal yang besar saja, pada hal sesungguhnya pada sesuatu yang kecil itu terdapat makna yang jauh lebih besar.

Cobalah untuk sedikit peduli dan perhatian atas apa-apa yang terjadi di sekitar. Pun sekedar daun yang bergoyang, perhatikan dengan seksama, pasti ada saja hikmah yang dapat dipetik dari sana. Apalagi kalau itu berkaitan dengan interaksi sesama manusia, tentunya ada makna dan hikmah yang jauh lebih besar yang akan diperoleh. Benarlah pepatah minang mengatakan, alam takambang jadi guru (alam terkembang jadi guru).
Sedikit tercenung atas apa-apa tausyiah yang di dapat saat KIP pagi ini, bahwa perubahan yang luar biasa dan signifikan dimulai dengan hal-hal yang sederhana. Kemenanagan besar yang diperoleh didahului dengan kemenangan-kemenangan kecil yang mendahuluinya. 1000 langkah perjalanan tidak akan pernah kesampaian ketika tidak ada langkah pertama yang mengawalinya. Benar juga apa-apa yang dikatakan Aa Gym, dengan rumus 3 M untuk perubahan. Mulai dari yang kecil-kecil, mulai dari diri sendiri, mulai sedari saat ini juga.

Ya Allah, aku tahu ini sulit, tapi pasti bisa. Bantulah hambaMu ini menjalani semua, meraih kemenangan-kemenagan kecil untuk meraih kesuksesan yang jauh lebih besar.

0 komentar: